Select Hotel     English | Indonesia
Reservasi sekarang: (+62 31) 8472098
                 

Selamat datang di Surabaya!

Kota Surabaya bukan hanya dikenal sebagai kota Pahlawan, tetapi juga kota perpaduan berbagai budaya, surga kuliner, dan juga terus maju mengikuti perkembangan bisnis dan teknologi. Namun, semua ini tidak lepas dari sejarah yang begitu lekat dengan kota Surabaya, sebagai kota lambangperjuangan kemerdekaan. Nama Surabaya itu sendiri pada awalnya bermula di era Majapahit. Menurut mitos lokal, terjadi pertarungan yang hebat antara Sura (hiu) dengan Baya (buaya) untuk mendapatkan pengakuan yang sebagai hewan yang terkuat, sebagaimana yang pernah diramalkan oleh Jayabaya.

 

Tempat Wisata di Surabaya dan sekitarnya

Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Surabaya dan sekitarnya. Berikut beberapa tempat wisata pilihan d'SEASON Hotel

 

1. Tugu Pahlawan

Inilah monumen untuk mengingat keberanian arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu. Monumen setinggi 41.15 meter yang berbentuk lingga atau paku terbalik ini mempunyai badan tiang berbentuk lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas; mengandung makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Inilah tanggal terjadinya peristiwa heroik di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di Tugu Pahlawan, Anda akan menjumpai Museum 10 November, sebuah tempat yang dapat mengungkap banyak cerita tentang makna Tugu Pahlawan serta bukti-bukti sejarah pada 10 November 1945 yang lampau.

dari d'SEASON Hotel: 12 km (17 menit dengan taxi)

 

2. Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah saksi sejarah pertempuran heroik pada 10 Nopember 1945 di Surabaya.Sejarah mencatat, peristiwa tewasnya Brigjend Mallaby pada bentrokan yang terjadi antara para pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober 1945. Area sekitar tempat ini dahulu adalah daerah hunian dan perdagangan untuk orang Eropa di bagian barat, sedangkan bagian timurnya adalah daerah hunian untuk orang Cina, Arab, serta Melayu. Kawasan Jembatan Merah saat ini merupakan pusat perdagangan paling padat di Surabaya.

dari d'SEASON Hotel: 17 km (20 menit dengan taxi)

 

3. Monumen Kapal Selam 

Monumen Kapal Selam ini terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di sebelah Surabaya Plaza. Monumen Kapal Selam adalah wujud asli dari KRI Pasopati 410, salah satu kapal selam TNI – Angkatan Laut dari satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur. KRI Pasopati termasukvjenis SS type Whisky Class dibuat di Vladi Rusia pada tahun 1952, berperan aktif dalam menegakkan kedaulatan  negara dan hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora.

dari d'SEASON Hotel: 10 km (16 menit dengan taxi)

 

4. Suroboyo Carnival Night Market

Suroboyo Carnival merupakan wahana wisata yang mengusung konsep dasar mewujudkan kota Surabaya sebagai kota tujuan wisata yang menarik dan eksotik. Temukan berbagai wahana permainan yang asyik serta edukatif, dilengkapi dengan toko cinderamata dan food court khas Surabaya.

dari d'SEASON Hotel: 5 km (8 menit dengan taxi)

 

5. House of Sampoerna

House of Sampoerna terletak di kawasan “Surabaya lama”. Salah satu tempat wisata Surabaya ini adalah sebuah kompleks bangunan bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862 dan merupakan situs bersejarah yang dilestarikan. Di masa awalnya, bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda, pada tahun 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Hingga sekarang, kompleks ini masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok. Sebuah museum tertata apik dan dibuka untuk umum, sangat menarik untuk dikunjungi.

dari d'SEASON Hotel: 15 km (20 menit dengan taxi)

 

6. Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark adalah wahana wisata air terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Lokasinya terletak di Surabaya Barat, tepatnya di area Citra Raya. Anda dapat menjumpai ragam wahana, misalnya Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beach. Salah satu tempat wisata di Surabaya ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, dan pula telah menjadi pilihan wisata anak yang populer di Surabaya. Siapkan baju renang Anda!

dari d'SEASON Hotel: 20 km (30 menit dengan taxi)

 

7. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar adalah masjid yang megah dan modern, merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini adalah ikon religi kota Surabaya. Eksterior masjid ini dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama, semuanya dibuat dari kayu jati berukir. Bagian interiornya dihiasi oleh ukiran hias dan kaligrafi, sangat dominan menghiasi dinding masjid.

dari d'SEASON Hotel: 12 km (20 menit dengan taxi)

 

8. Patung Buddha Empat Wajah

Inilah patung tertinggi di Indonesia yang telah dicatat MURI. Anda dapat menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, sebuah pantai di kota Surabaya yang terkenal akan produk perikanan serta tempat nongkrongnya muda-mudi Surabaya. Patung Buddha dan takhta masing-masing memiliki tinggi 9 meter. Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Buddha yang ada di tempat wisata Bangkok, yakni terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

dari d'SEASON Hotel: 16 km (23 menit dengan taxi)

 

9. Pusat Sepatu Wedoro

Wedoro terkenal dengan industri sepatunya. Banyak orang datang ke tempat ini dan menjadi pelanggan setia atas produk-produk sepatu yang dihasilkan tempat ini. Anda akan mendapati lebih dari 210 toko di kawasan pusat sepatu Wedoro. Terletak di Kecamatan Waru – Sidoarjo, daerah perbatasan Surabaya, desa Wedoro saat ini telah bertransformasi menjadi pusat industri kerajinan sandal dan sepatu.

dari d'SEASON Hotel: 8 km (11 menit dengan taxi)

 

10. Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dengan Pulau Madur (di Bangkalan). Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia sampai saat ini, dengan panjang 5.438 meter. Jembatan ini dibangun sejak tahun 2003 dan dibuka pada Juni tahun 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di Madura, dengan perkiraan biaya 4.5 triliun. Sesampainya di ujung jembatan di Bangkalan, sempatkan waktu mengicip kuliner di Madura.

dari d'SEASON Hotel: 20 km (27 menit dengan taxi)

 

11. Wisata Hutan Mangrove

Tempat wisata yang satu ini sedikit berbeda, yaitu hutan mangrove sebagai lahan hijau di timur kota Surabaya. Wisatawan dapat menyusuri  sungai dan menyaksikan keindahan pemandangan di area ini; air yang tenang, burung beterbangan, serta sungai untuk mencari ikan.  Nikmati sensasi berpetualang melewati sungai yang menuju ke laut dengan menggunakan kapal motor dan juga menyusuri hutan mangrove yang tentunya memberikan pengalaman berbeda di Surabaya.

dari d'SEASON Hotel: 8 km (14 menit dengan taxi)

 

12. Taman di Surabaya:

Surabaya juga dikenal dengan kota tercantik karena banyaknya taman kota yang sedangndikembangkan, antara lain: Taman Bungkul di Raya Darmo, Taman Mundu di Tambaksari, Taman Flora, Taman Balai Kota, Taman Mpu Tantular, Taman Apsari, Taman Monumen, Taman Jayengreno di kawasan Jembatan Merah, Taman Pelangi, dan Taman Skateboard dan BMX di kawasan Ketabang Kali. Masih banyak tempat wisata  lain di Surabaya dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi: Gunung Bromo dan Pulau Sempu di Malang, Kawah Ijen di Banyuwangi, Gua Gong di Pacitan, Arung Jeram Pekalen di Probolinggo, Jatim Park, Museum Angkut di Batu, dan puluhan kawasan wisata lainnya.

Diadaptasi dari: www.initempatwisata.com dengan penyesuaian

 

Wisata Kuliner di Surabaya

Pesona tempat wisata di Surabaya juga dapat ditemukan dalam berbagai jajanan kulinernya. Anda dapat menemukan makanan yang menggoda selera di kota ini. Beberapa di antara makanan kuliner Surabaya tersebut, misalnya rujak uleg, nasi bebek, lontong balap, rawon, dan lain-lain.

Diadaptasi dari: www.initempatwisata.com dengan penyesuaian